test

News

Minggu, 17 November 2019 09:09 WIB

Ambil Sampel Data Asteroid, Pesawat Ruang Angkasa Milik Jepang Kembali ke Bumi

Editor: Ferro Maulana

Pesawat ruang angkasa tanpa awak milik JAXA. (Foto: Dok net).

PMJ – Sebuah pesawat ruang angkasa tanpa awak milik Badan Antariksa Jepang (JAXA), Hayabusa 2 akan kembali ke Bumi setelah menyelesaikan misinya mengambil sampel data asteroid.

"Kami berharap Hayabusa-2 akan memberikan pengetahuan ilmiah baru kepada kami," kata Yuichi Tsuda, manager proyek misi Hayabusa-2.

Hayabusa-2 akan melepaskan diri dari orbit Ryugu pada Senin (18/11/2019), membawa pulang sampel potongan asteroid berupa bahan karbon dan materi organik.

Perjalanan pun juga akan ditempuh selama setahun, dimulai pada pukul 10.05 pagi dan diperkirakan akan tiba pada akhir tahun 2020.

Hayabusa-2 lalu akan menjatuhkan sampelnya tersebut di gurun Australia Selatan, dimana pihak Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang (JAXA) saat ini sedang bernegoisasi dengan pemerintah Autralia tentang mekanisme pengiriman sampel.

Sekedar informasi, Ryugu sendiri merupakan asteroid dengan lebar sekitar 3.000 kaki (atau sekitar 914 meter) yang berjarak sekitar puluhan juta mil atau 300 juta kilometer dari Bumi.

Sampel yang dibawa pesawat milik Jepang tersebut diharapkan oleh para peneliti memahami bagaimana Tata Surya yang ada sekarang dapat terbentuk. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT