test

News

Minggu, 21 Juni 2020 17:26 WIB

Delapan Daerah Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin

Editor: Hadi Ismanto

Gerhana Matahari Cincin. (Foto: PMJ/ Dok Net).

PMJ - Bertepatan dengan tanggal 21 Juni 2020, sejumlah wilayah mengalami Gerhana Matahari Cincin. Fenomena alam dibarengi dengan terjadinya solstis juni.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil. Saat puncaknya, Matahari akan tampak seperti cincin, dimana bagian tengahnya gelap dan bagian pinggirnya terang.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), Minggu (21/6/2020), disebutkan tidak semua wilayah di belahan bumi akan dapat melihat Gerhana Matahari Cincin.

BMKG mengungkapkan, hanya wilayah yang menjadi lintasan gerhana saja yang dapat melihat terjadinya gerhana cincin. Saat terjadi gerhana matahari cincin nanti, akan terdapat dua bayangan bulan yang terbentuk yang disebut antumbra dan penumbra.

Wilayah yang terlewati antumbra adalah wilayah dapat mengamati gerhana matahari cincin. Sementara wilayah penumbra akan gerhana yang teramati adalah gerhana matahari sebagian

Berikut delapan daerah yang bisa menyaksikan fenomena alam ini, diantaranya:

  1. Kota Bengkulu
  2. Kabupaten Lebong
  3. Kabupaten Rejang Lebong
  4. Kabupaten Kepahiang
  5. Kabupaten Mukomuko
  6. Kabupaten Bengkulu Utara
  7. Kabupaten Bengkulu Tengah
  8. Kabupaten Seluma.(Hdi)

BERITA TERKAIT