test

Politik

Kamis, 12 November 2020 12:00 WIB

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Komitmen Pulihkan Ekonomi

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi dalam KTT ASEAN secara virtual. (Foto: PMJ News/ Instagram Jokowi)

PMJ - Presiden Joko Widodo menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual melalui telecoference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, hari ini Kamis (12/10/2020). Dalam KTT kali ini, Vietnam menjadi tuan rumah.

Salah satu inisiatif yang diusung oleh Indonesia dalam KTT ini merupakan langkah membangun komitmen bersama ASEAN untuk segera membuka kembali konektivitas sekaligus memulihkan kegiatan ekonomi melalui ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA).

Hal itu diharapkan mempermudah akses perjalanan bagi para pebisnis di negara-negara ASEAN dalam situasi kenormalan baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

"KTT ini penting untuk satukan langkah dan memperoleh komitmen ke depan para pemimpin negara mitra ASEAN untuk mengatasi pandemi Covid-19 secara lebih terstruktur,” terang Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam pernyataan resminya secara tertulis kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (12/10/2020).

“Sesuai tenggat waktu yang dibutuhkan agar tidak semakin menunda dampak dari pandemi yang semakin kompleks bagi situasi dunia dan kawasan," katanya lagi.

Adapun rangkaian KTT ASEAN yang berjumlah 17 sesi pertemuan tersebut dihadiri oleh 10 Kepala Negara atau pemerintahan ASEAN dan 8 Kepala Negara atau pemerintahan negara mitra ASEAN.

Sementara itu, khusus hari ini Presiden Jokowi akan mengikuti lima KTT melalui konferensi video, antara lain KTT Pleno ke-37 ASEAN, KTT ke-23 ASEAN dengan RRT, KTT ke-21 ASEAN dengan Korea Selatan, KTT ke-23 ASEAN dengan Jepang, serta KTT ke-17 ASEAN dengan India.

Sedangkan, rangkaian KTT utamanya akan membahas langkah bersama untuk mencegah dampak yang lebih luas dari pandemi ini bagi kawasan dengan menekankan prioritas kerja sama di 2021, khususnya terkait keberadaan dan produksi vaksin bagi kawasan.(Kemenlu/Fer)

BERITA TERKAIT