test

News

Senin, 2 September 2024 18:02 WIB

Polda Metro Siapkan Skema Rekayasa Lalin Selama Kunjungan Paus Fransiskus

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya siap melaksanakan pengamanan terkait dengan kegiatan Paus Fransiskus selama berada di Indonesia, khususnya di Jakarta, sejak hari Selasa (3/9/2024) sampai hari Kamis (5/9/2024).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta juga sebagai Kepala Negara, sehingga khususnya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) akan dilakukan sistem rangkaian Kebesaran.

"Sehingga perlu diketahui oleh masyarakat dalam rangkaian Kebesaran ini, tentunya seluruh jalur yang akan dilintasi oleh Bapak Paus ini adalah clear," jelas Latif kepada wartawan, Senin (2/9/2024).

Kendati menerapkan skema rekayasa lalu lintas, Latif mengungkapkan bahwa penutupan jalur nantinya bersifat sementara dan situasional, seperti saat kedatangan Paus Fransiskus pada hari Selasa (3/9/2024) besok.

"Jadi pada saat diinformasikan Paus sudah mendarat di Bandara, jalur mulai dari Soekarno-Hatta, Tol Sedyatmo, Tol Dalam Kota, Jalur Sudirman-Thamrin, sampai dengan Dubes Vatikan, kita akan melakukan clear, yaitu pada saat Paus mendekati sekitar radius 1 km, kita sudah melakukan clear dari pada seluruh kendaraan yang ada," terangnya.

Selanjutnya, untuk kegiatan Paus Fransiskus pada hari Rabu (4/9/2024) lusa akan menuju Istana Negara, Masjid Istiqlal, dan Katedral akan diberlakukan pengawalan maupun pengamanan dalam bentuk rekayasa lalu lintas.

"Sehingga nanti jalur rute yang dari (Dubes) Vatikan menuju Istana, setelah itu menuju ke Istiqlal, menuju Katedral, tentunya ada beberapa pengalihan arus yang akan kita lakukan," tuturnya.

"Khususnya memang di sekitaran itu khususnya di Harmoni. Di Harmoni kita akan melakukan rekayasa lalu lintas dan juga di Tugu Tani, kita akan melakukan rekayasa lalu lintas, begitu juga di Bundaran Patung Kuda, kita juga akan melakukan rekayasa lalu lintas," sambungnya.

Sementara pada hari Kamis (5/9/2024) merupakan kegiatan puncak dari Paus Fransiskus di Jakarta, yakni kegiatan Misa Akbar yang akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

"Nah yang paling krusial, perlu kami informasikan, ini perlu diketahui masyarakat dan mungkin aktivitas masyarakat kota Jakarta akan sedikit terganggu, khususnya pada tanggal 5, hari Kamis, 2024, mulai pukul 06.00 khususnya jalur seputaran Gelora Bung Karno, kita akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas," paparnya.

"Kegiatan Paus nanti masuknya acaranya adalah jam 5 sore, sehingga massa yang khususnya yang akan mengikuti Misa, ini diharapkan mulai pukul 10, ini sudah mulai masuk ke GBK," imbuhnya.

BERITA TERKAIT