test

News

Jumat, 25 Desember 2020 07:52 WIB

Pesan Natal Paus Fransiskus: Kita Wajib Membantu Sesama

Editor: Ferro Maulana

Paus Fransiskus. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Paus Fransiskus merayakan Misa Malam Natal secara sederhana di tengah pandemi Covid-19, Kamis (25/12/2020) malam. Dalam pesan Natal tersebut, Paus menuturkan manusia (kita) harus merasa wajib membantu sesama.

Paus Fransiskus menegaskan Natal harus menjadikan setiap orang merenungkan ketidakadilan terhadap begitu banyak saudara dan saudari, ketimbang mengejar keinginan tak berujung untuk mempunyai sesuatu serta memenuhi kesenangan sesaat.

Untuk diketahui selama ibadah Misa, setiap peserta mengenakan masker. Kecuali, Paus dan tim paduan suara yang jumlahnya tak banyak.

Ibadah Misa dimulai 2 jam lebih awal dari biasanya, sehingga sejumlah orang yang hadir bisa pulang sebelum jam 10, yang merupakan batas waktu jam malam.

"Anak Allah dilahirkan sebagai orang buangan, untuk memberi tahu kita bahwa setiap orang yang terbuang adalah anak Allah,” ujar Paus dalam homilinya.

"Tuhan datang menghampiri kita dalam kemiskinan dan kebutuhan, untuk memberi tahu kita, bahwa melayani orang miskin adalah cara mencintai-Nya," kata Paus berusia 84 tahun itu, yang merayakan Natal ke delapan dalam masa kepausannya.

Diberitakan sebelumnya, hari ini Jumat (25/12/2020), Paus akan membacakan pesan "Urbi et Orbi" (Ke Kota dan Dunia) dari aula di dalam Vatikan. Padahal biasanya, Paus menyampaikan pesan tersebut dari balkon pusat Lapangan Santo Petrus. Momen seperti itu biasanya menjadi magnet bagi puluhan ribu orang.

BERITA TERKAIT