test

News

Rabu, 25 Desember 2019 07:06 WIB

Jadikan Natalmu Lebih Seru dengan Kuliner Lezat Khas Indonesia Ini

Editor: Ferro Maulana

Klapertart khas Manado. (Foto: Dok Net)

PMJ – Hari ini Rabu, 25 Desember 2019, seluruh umat Nasrani merayakan hari Raya Natal. Perayaan Natal pada umumnya identik dengan pohon Natal dan suasana yang meriah dengan kerlap-kerlip lampu indah khas Natal.

Selain itu, perayaan Natal juga identik dengan kehangatan saat berkumpul bersama anggota keluarga sambil bertukar kado atau menyantap hidangan khas Natal.

Bila ketika momen Hari Raya Idul Fitri hidangan berupa opor dan ketupat jadi hidangan wajib umat Muslim, di momen Natal juga ada beberapa hidangan yang wajib ada saat Natal. Khususnya, hidangan atau kuliner asli Indonesia. Apa saja?

Klapertart Khas Manado

Kota Manado di Sulawesi Utara populer dengan Klapertart. Makanan manis ini dibuat dari kelapa, tepung terigu, susu, dan mentega. Klapertart ini merupakan makanan yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga saat merayakan Natal.

Kue Poporcis Khas Ambon

Sebagian besar warga Ambon akan mengubah menu paginya dengan kue poporcis (atau yang kerap disebut juga poffertjes) pada saat hari Natal tiba. Kue ini mirip pancake namun, kue ini lebih kecil dan terbuat dari labu kuning dicampur terigu.

Bentuk kue ini mirip dengan pancake atau dorayaki. Setelah kuenya matang, kamu dapat menaburkan gula halus di atasnya. Kue poporcis lebih enak disantap ketika baru matang karena masih terasa hangat dan sangat legit.

Kue Bagea Khas NTT

Kue Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. Bagea terbuat dari Sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cintang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya.

Lalu, adonan kue ini ditambah dengan kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Dengan memakai banyak bahan dan rempah-rempah menjadikan cemilan ini terasa lezat dan pas dipadukan dengan teh atau kopi.

Kue Lampet Khas Tapanuli

Orang Batak memiliki makanan khas Natal di Tanah Air yang sangat menarik yaitu kue lampet. Kue ini dibentuk segitiga dan menyerupai limas dan dibungkus dengan daun pisang. Kue ini cukup populer di kalangan Suku Batak dan selalu menjadi makanan wajib yang disuguhkan saat Natal tiba.

Kue lampet ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut. Selanjutnya, kue ini diisi dengan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Lalu, kue akan dikukus sampai matang. Kue lampet ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi. (DBS/ FER).

BERITA TERKAIT