test

News

Jumat, 8 April 2022 15:05 WIB

Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Gunakan Sepeda Motor Saat Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Pemudik Lebaran beberapa tahun lalu gunakan motor sangat padat. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran 2022. Apalagi dengan muatan berlebih dalam perjalanannya.

Imbauan tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam Media Briefing Kesiapan Angkutan Lebaran, Jumat (8/4/2022)

"Kalau bisa masyarakat jangan mudik menggunakan sepeda motor, apalagi sepeda motor yang kemudian (muatannya) bapaknya, ibunya, anaknya satu di depan, anaknya dua di belakang, tambah lagi dengan muatan, kasihan kita. Saya banyak melihat yang seperti ini," jelas Budi.

Budi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Korlantas Polri apabila nantinya volume kendaraan roda dua masih tinggi. Dia menyebut telah menyusun simulasi untuk dijalankan di jalur nasional nantinya.

"Kita akan mencoba melakukan manajemen yang cukup baik untuk mengendalikan bagaimana para pengemudi sepeda motor ini tidak menjadi mix traffic dengan kendaraan lain," tuturnya.

Budi berharap masyarakat mematuhi imbauan ini. Kemudian, bagi yang berkendara dengan motor diminta selalu menggunakan jalur kiri saat melewati jalan nasional.

"Jadi artinya jalan nasional itu nantinya banyak dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar, kami khawatirnya aspek keselamatan jadi taruhannya di sini," tukasnya.

BERITA TERKAIT