test

Politik

Kamis, 13 Februari 2020 13:28 WIB

KPK Siap Bantu Kemenhub Jadi Wilayah Bebas Korupsi

Editor: Ferro Maulana

Ketua KPK Firli Bahuri . (Foto: Dok Net)

PMJ - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mendatangi Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tujuannya yaitu untuk menghadiri acara penandatanganan komitmen guna menciptakan wilayah bebas korupsi.

Firli menjelaskan kunjungan kerja kali ini menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk mencegah korupsi. Lanjutnya, Kemenhub merupakan salah satu yang menjadi sasaran mengingat posisinya yang sangat strategis.

"Hari ini saya menghadiri kegiatan pencanangan komitmen pembentukan zona integritas yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan. Zona integritas itu penting karena sasarannya merupakan Kementerian Perhubungan menjadi wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih dalam melayani," tuturnya, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/02/2020).

Masih dari penuturan Firli, langkah pencegahan korupsi ini akan dilakukan dari mulai internal pemerintahan. Pengawasan di internal masing-masing Kementerian harus diperkuat agar tak ada celah bagi para pegawai untuk bermain-main dengan uang negara.

"Ada enam arena perubahan salah satunya pengawasan, maka aparatur pengawas internal pemerintah harus diperkuat. Perannya Pak Irjen, baru yang lain," ucapnya.

Masih di tempat dan kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, korupsi merupakan tindak kejahatan yang sangat besar. Selain merugikan pribadi dari individu tersebut, korupsi juga bisa merugikan negara.

Karena itu, menurutnya, dalam memberantas tindak pidana korupsi diperlukan sesuatu usaha yang besar. Selain, itu, dirinya juga meminta seluruh pegawainya untuk mengawasi satu sama lain agar tak ada celah untuk melakukan praktek korupsi.

"Korupsi ini kejahatan yang luar biasa. Oleh karenanya effort untuk berantas ini juga harus luar biasa. Kalau sudah sadar satu hal terjadi di Kemenhub, maka effort besar harus dilakukan," tutupnya. (FER).

BERITA TERKAIT