test

News

Minggu, 15 November 2020 16:27 WIB

Usai Ujicoba, Menhub: LRT Akan Beroperasi Juni 2022

Editor: Hadi Ismanto

LRT Jabodebek akan beroperasi pada Juni 2022. (Foto: PMJ News/Instagram @lrtjkt)

PMJ - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mennyebut kereta Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek akan mulai beroperasi pada bulan Juni 2022.

Pernyataan tersebut di disampaikan Budi Karya seusai mengikuti uji coba perjalanan LRT di Lintas Pelayanan 1 (Cawang - Cibubur), Minggu (15/11/2020).

"Rencananya Juni 2022 selesai. Harus selesai tapi tetap kita laksanakan protokol kesehatan (saat pengerjaan)," jelas Budi di Stasiun LRT TMII, Jakarta Timur seusai uji coba.

LRT akan beroperasi di tiga lintas pelayanan. Lintas Pelayanan 1 (Cawang - Cibubur), Lintas Pelayaran 2 (Cawang - Dukuh Atas), dan Lintas Pelayaran 3 (Cawang - Bekasi Timur). Trase dari tiga lintasan itu diketahui sudah tersambung pada Rabu (11/11) lalu.

Budi melanjutkan, LRT nanti akan beroperasi dengan 31 unit kereta. Masing-masing terdiri atas enam gerbong. Kereta ringan buatan PT Industri Kereta Api (INKA) itu, nantinya akan melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

"Satu hari LRT Jabodebek akan angkut 500 orang (penumpang). Kalau KRL, kan, 1,1 juta per hari, ini 500 ribu, hanya dari 2 tempat yaitu dari arah Bogor dan Bekasi," tuturnya.

Menhub Budi Karya mengatakan, LRT bisa mengangkut penumpang sebanyak itu meski hanya dari dua arah (Bogor dan Bekasi). Alasannya, cepatnya headway atau jeda kedatangan antar-kereta. Headway LRT hanya tiga menit.

"Secara teknis sebenarnya bisa head way 2 menit tapi kita pakai 3 menit. Ini adalah suatu kemajuan atau lompatan," kata dia.

Saat diuji coba, kereta LRT membutuhkan waktu 15 menit ketika melintas dari Stasiun TMII, Jakarta Timur menuju Stasiun Harjamukti, Kota Depok. Selama perjalanan, kereta berjalan mulus di lintasan.(Hdi)

BERITA TERKAIT