test

Politik

Senin, 11 November 2019 15:27 WIB

Luhut Sebut LRT Jabodebek Menggunakan Konten Lokal

Editor: Lely

Ilustrasi Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (foto: PMJ/FIF)

PMJ – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan hadir dalam seremonial pengecoran terakhir jembatan lengkung kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) Jabodebek yang menghubungkan Kuningan-Cawang-Bekasi Timur dan Kuningan-Cawang-Cibubur.

Dalam seremonial tersebut, Luhut mengatakan bahwa LRT yang akan mulai beroperasi pada 2021 itu dipenihi oleh konten lokal. Luhut juga mengapresaisi jembatan lengkung tersebut yang menorehkan dua rekor MURI.

Pertama rekor jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia dimana Box Girder Beton tersebut memiliki raidus lengkung sepanjang 115 meter. Sementara rekor kedua untuk pengujian axial statastic loading test pondasi bored pile dengan beban terbesar di Indonesia.

"Selama ini kita dininabobokan dengan hanya bersifat pada ekspor raw material. Sekarang kita sudah bicara hilirisasi. Ini hilirisasi teknologi juga," kata Luhut di acara seremonial pengecoran terakhir jembatan lengkung LRT di Kuningan, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Seperti diketahui, biaya pembangunan prasarana LRT tahap pertama ini mencapai Rp 22 triliun dan untuk tahap kedua lintas Cibubur-Bogor sepanjang 25 km masih dalam desain. (BHR)

BERITA TERKAIT