test

News

Rabu, 11 November 2020 20:41 WIB

Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, Kemenhub Luncurkan Aplikasi Simkapel

Editor: Hadi Ismanto

Kemenhub luncurkan aplikasi Simkapel untuk keselamatan pelayaran. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perkapalan dan Kepelautan (Simkapel). Aplikasi ini akan meningkatkan kinerja untuk menjamin keselamatan pelayaran di era keterbukaan informasi dan digitalisasi

Hadir dalam peluncuran aplikasi ini Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo. Secara simbolis, diberikan pula sertifikat keselamatan kapal melalui aplikasi Simkapel kepada salah satu perwakilan dari PT. Pertamina Trans Kontinental.

"Saat ini Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Hubla di era keterbukaan dan digitalisasi senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kinerja terutama dalam menjamin keselamatan pelayaran," ungkap Agus dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

Melalui kegiatan ini, para PPKK dapat berbagi informasi serta mencari solusi jika ada permasalahan riil terkait kelaiklautan kapal yang dihadapi oleh para PPKK saat melaksanakan tugasnya.

"PPKK memiliki tanggung jawab terhadap terjaminnya kelaiklautan kapal serta merupakan ujung tombak Ditjen Hubla dalam mendukung terwujudnya “zero accident” yang merupakan salah satu visi dari kementerian perhubungan," tuturnya.

Pada kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di seluruh dunia serta ancaman cuaca ekstrim seperti La Nina di kawasan asia tenggara menjadi tantangan tersendiri bagi para PPKK dalam melaksanakan tugasnya.

Di samping itu, keterbukaan informasi akibat perkembangan teknologi digital tentunya bisa membantu PPKK mengetahui perkembangan di dunia pelayaran, khususnya regulasi-regulasi dan teknologi terbaru di bidang maritim.

"Saya berharap, agar kedepannya indonesia sebagai Flag Administrator yang merupakan salah satu anggota IMO memiliki pejabat pemeriksa keselamatan kapal (PPKK) yang berkualitas, berintegritas, transparan akuntabel," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT