test

News

Selasa, 26 Oktober 2021 09:07 WIB

Menkes: Dua Pekan Terakhir Kasus Covid-19 Naik, Tapi Masih Aman

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali menunjukkan tren peningkatan dalam kurun dua pekan terakhir.

Pernyataan tersebut disampaikan Menkes Budi Gunadi saat memberikan keterangan pers terkait Evaluasi PPKM, yang dipantau melalui kanal YouTube Kemenko Marves, Senin (25/10/2021).

"Kita sudah mengamati dalam empat pekan terakhir ada 105 kabupaten/kota yang tersebar di 34 provinsi yang kasusnya mulai menunjukkan peningkatan dalam dua pekan terakhir," ungkap Budi.

Kendati terjadi tren peningkatan, Budi menyatakan angka tersebut masih berada di batas aman ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Karenanya, masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Memang angkanya masih tidak mengkhawatirkan dan berada di benchmark batas aman WHO. Tapi kita mencoba mengantisipasi lebih dini supaya jangan sampai euforia berlebih membuat kita lengah, tidak waspada," tuturnya.

Berdasarkan laporan harian kasus Covid-19 di Indonesia pada Senin siang, kasus terkonfirmasi meningkat 460 orang dengan total 4,2 juta lebih kasus. Begitu pula, tambahan angka kematian sebanyak 30 orang dari total 143 ribu lebih jiwa.

Selain itu, Kemenkes juga terus berupaya mengintensifkan langkah antisipasi gelombang lanjutan melalui perpaduan strategi PPKM, pelacakan kasus hingga pemantauan varian baru SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

"Kami sudah lihat bahwa di Inggris ada satu varian yang berpotensi mengkhawatirkan yaitu AY.4.2 yang belum masuk di Indonesia yang terus kami monitor perkembangannya seperti apa," tukasnya.

BERITA TERKAIT