test

Kesehatan

Minggu, 23 Agustus 2020 12:02 WIB

Riset: Bernyanyi dan Berbicara Bisa Tularkan Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Penelitian terbaru menyebut bernyanyi tidak lebih berisiko daripada berbicara jika dihubungkan dengan risiko penyebaran virus Corona (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Sebuah penelitian terbaru menyebut bernyanyi tidak lebih berisiko daripada berbicara jika dihubungkan dengan risiko penyebaran virus Corona. Demikian disampaikan para ilmuwan Inggris.

Pekan lalu pemerintah Inggris merevisi pedoman miliknya untuk memungkinkan para profesional maupun nonprofesional melanjutkan latihan dan pertunjukan. Hal ini bisa dicegah selama menjaga jarak sosial dan menghapus kebutuhan mitigasi ekstra saat bernyanyi.

Keputusan itu diinformasikan oleh sebuah riset para ilmuwan yang berbasis di Universitas Bristol, yang meneliti jumlah aerosol dan percikan yang dihasilkan oleh 25 penyanyi profesional yang melakukan latihan bernyanyi, berbicara, bernapas serta batuk.

Para peneliti menemukan massa aerosol yang dihasilkan meningkat tajam seiring peningkatan volume saat bernyanyi atau berbicara, sebanyak 20-30 kali. Namun, secara substansial bernyanyi tidak memberikan aerosol lebih banyak ketimbang berbicara.

Tidak terjadi perbedaan signifikan dalam produksi aerosol di antara genre berbeda seperti paduan suara, teater musikal, opera, jazz, musik rock, atau pop.

"Riset membuktikan penularan virus dalam partikel aerosol kecil yang dihasilkan ketika seseorang bernyanyi atau berbicara sama untuk kedua aktivitas yang menghasilkan jumlah partikel yang sama," ungkap Direktur Centre for Doctoral Training in Aerosol Science ESPRC, Jonathan Reid.

"Penelitian kami memberikan dasar ilmiah yang kuat untuk rekomendasi Covid-19 bagi tempat seni agar beroperasi secara aman baik bagi pemain maupun penonton, dengan memastikan ruangan memiliki ventilasi untuk mengurangi risiko penularan udara," tuturnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui kemungkinan penularan virus corona melalui udara setelah sejumlah wabah terkait dengan ruangan di tempat tertutup, seperti selama latihan paduan suara.

Akan tetapi, WHO meminta lebih banyak bukti mengenai hal itu. Studi tersebut merupakan pracetak, yang artinya belum ditinjau oleh sesama rekan ilmuwan.(Hdi)

BERITA TERKAIT