test

Kesehatan

Jumat, 25 September 2020 13:24 WIB

Kabar Baik, WHO Sebut Vaksin Covid-19 Buatan China Terbukti Berhasil

Editor: Ferro Maulana

Soumya Swaminathan . (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Kepala peneliti Badan Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan menerangkan vaksin Covid-19 buatan China telah terbukti berhasil dalam uji klinis WHO. Karena itu, WHO siap memastikan vaksin dapat didistribusikan secara merata ke seluruh penjuru dunia.

"WHO bekerja untuk memastikan akses yang adil terhadap vaksin Covid-19 secara global. Ini merupakan cara tercepat untuk mengakhiri pandemi serta mempercepat pemulihan ekonomi global. Vaksin China dapat membantu mewujudkan tujuan itu dalam waktu dekat karena beberapa vaksin telah terbukti berhasil dalam uji klinis," ujar Swaminathan, Jumat (25/9/2020).

Vaksin Sinovac. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Kabar baik itu datang setelah virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China, mewabah di segala penjuru dunia selama 10 bulan terakhir. Sejak ditemukan pada Desember lalu, telah ada 32.407.973 orang secara global yang terinfeksi virus itu sebanyak 987.697 orang antara lain, sudah meninggal dunia.

Untuk diketahui, China sendiri termasuk dalam negara yang paling terdepan dalam pengembangan vaksinnya. Ada banyak calon vaksin Covid-19 yang dikembangkan China.

Salah satunya yaitu yang dikembangkan oleh Sinovac. Bahkan, baru-baru ini perusahaan mengumumkan vaksin buatan mereka, CoronaVac, akan siap disuntikkan dan didistribusikan ke warga dunia pada awal 2021. (Sumber: media televisi Tiongkok CGTN/ Fer)

BERITA TERKAIT