Politik

Senin, 7 September 2020 11:41 WIB

Terkait Covid-19, Jokowi Minta Masyarakat Waspadai Tiga Kluster Ini

Editor: Ferro Maulana

Presiden RI Joko Widodo. (Foto: PMJ News/Instagram @Jokowi)

PMJ – Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada jajarannya serta masyarakat, bahwa ada tiga kluster yang menjadi penyebaran Covid-19 yang harus diwaspadai.

"Hati-hati yang namanya kluster kantor, kedua kluster keluarga, dan kluster Pilkada, hati-hati ini," tutur Kepala Negara, di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Presiden Jokowi menyebut, kluster keluarga dan kantor menjadi tempat seseorang menurunkan daya waspadanya terhadap pandemi Covid-19. Karena, banyak masyarakat sudah merasa aman.

"Kluster keluarga, karena kita di rumah kita merasa aman, justru di situ kita harus hati-hati. Masuk kantor kita merasa aman, kita juga lupa dalam kantor ada protokol kesehatan," jelas Jokowi.

Sementara untuk kluster Pilkada, Jokowi meminta agar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Polri untuk bisa memberikan ketegasan terhadap kondisi dan protokol kesehatan di lapangan.

"Ketiga saya minta Mendagri, untuk urusan yang berkaitan kluster Pilkada betul-betul ditegasi. Polri juga beri ketegasan menangani ini," tegasnya.

Masih di tempat dan kesempatan yang sama, Jokowi juga mengingatkan jajarannya terus fokus menangani permasalahan kesehatan di Tanah Air.  Terutama masalah Covid-19, yang sampai sekarang masih menjadi tantangan yang terus dihadapi pemerintahannya sejak bulan Maret 2020.

"Saya ingatkan kunci ekonomi kita agar baik adalah kesehatan yang baik. Artinya fokus kita nomor 1 yaitu kesehatan, penanganan Covid-19," terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar jajaran komite penanganan Covid-19, Menteri Kesehatan, hingga TNI-Polri untuk serius menangani pandemi Covid-19 yang masih massif.(Fer)

BERITA TERKAIT