test

Kesehatan

Selasa, 21 April 2020 10:02 WIB

Selain Cegah COVID-19, Ini Manfaat Rajin Cuci Tangan

Editor: Hadi Ismanto

Mencuci tangan bisa mencegah penyebaran penyakit (Foto: Dok Net)

PMJ - Seluruh pakar kesehatan setuju untuk mencegah virus Corona dianjurkan untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Meskipun nampak mudah, namun banyak orang yang kerap mengabaikannya.

Padahal jika kita melakukannya, rajin mencuci tangan juga dapat menghindari dari penyebab virus lain dan menghindari kamu dari penyakit. Seperti dilansi laman Thehealthsite, berikut beragam penyakit yang disebabkan malas cuci tangan.

1. Diare

Diare menjadi salah satu masalah pencernaan yang harus segera diobati. Umumnya, disebabkan karena virus yang menginfeksi sistem pencernaan. Karena itu, setelah melakukan kegiatan apapun cuci tangan dengan sabun, lalu bilas dengan air bersih.

2. Infeksi tenggorokan

Sebelum makan, biasakan cuci tangan ya. Apabila Anda makan apapun tanpa mencuci tangan, bakteri yang ada di tangan masuk ke tubuh. Akibatnya, makanan tersebut beserta bakteri masuk melalui tenggorokan, yang bisa memicu infeksi.

3. Penyakit pernapasan

Anda juga harus mencegah terjadinya penyakit pernapasan. Apalagi jika kondisi imunitas menurun. Nantinya penyakit menular lewat pernapasan juga akan memicu flu, batuk dan sakit tenggorokan yang harus dicegah.

4. Hepatitis B Salah satu langkah penting untuk mencegah penyakit menular seperti hepatitis B atau penyakit kuning yaitu dengan cuci tangan. Pastikan sanitasi di sskitar rumah Anda memadai. Agar semua bakteri di sekitar tak menginfeksi diri Anda dan keluarga.

BERITA TERKAIT