test

Kesehatan

Sabtu, 7 November 2020 12:02 WIB

5 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Resesi Ekonomi

Editor: Hadi Ismanto

PMJ - Tidak sedikit negara di dunia, termasuk Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Akibatnya perekonomian terimbas dan mengalami resesi. Dengan kondisi ini, angka pengangguran semakin tinggi dan berdampak pada kehidupan masyarakat.

Di tengah kehidupan sulit yang dialami akan menimbulkan dampak pada kesehatan mental apabila tidak diatur dengan baik. Alhasil menjaga mental tetap tenang menjadi cara terbaik saat ini.

Seperti diilansir laman Deschutes, Sabtu (7/11/2020), berikut tips menjaga kesehatan mental di tengah tekanan akibat resesi ekonomi yang melanda. Simak penjelasannya.

1. Menjaga kesehatan tubuh

Tidur dengan waktu yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Perbanyak sosialisasi dengan orang lain

Perasaan cemas adalah hal yang wajar dalam situasi seperti ini. Hubungi dan bicaralah dengan orang-orang terdekat Anda yang dapat memberikan dukungan.

3. Hindari informasi hoax

Pastikan untuk tidak mudah termakan informasi palsu dan hoax. Jadi andalkan sumber resmi untuk mendapatkan informasi terkini yang akurat.

4. Terapkan protokol kesehatan

Kita wajib menjalankan protokol kesehatan seperti cuci tangan sesering mungkin, hindari kontak dekat dengan orang yang sakit, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Selain itu dianjurkan untuk tetap berada di rumah saat Anda sakit, tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah, dan bersihkan juga disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.

5. Mintalah bantuan jika diperlukan

Seringkali akibat stress seseorang terus berjuang untuk tidur, hal ini dapat memicu peningkatan penggunaan narkoba atau alkohol, rasa depresi atau panik yang berlebihan, dorongan untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Setiap wilayah pasti memiliki layanan lokal selama 24 jam yang siap membantu Anda saat mengalami kesulitan. Pastikan untuk menghubungi mereka apabila memiliki masalah dan membutuhkan bantuan.(Hdi)

BERITA TERKAIT