test

Kesehatan

Selasa, 10 November 2020 10:02 WIB

Selain Minum Kopi, Ini Cara Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

Editor: Hadi Ismanto

Menghindari mengantuk saat bekerja. (Foto: Ilustrasi/ PMJ/ FIF).

PMJ - Rasa kantuk sering menyerang ketika sudah sudah seharian bekerja. Hal ini merupakan kondisi yang wajar karena tubuh sudah kelelahan dan merasa butuh istirahat.

Rasa kantuk yang datang ketika saat bekerja tentu saja dapat mengganggu aktivitas. Sebuah pekerjaan yang dikerjakan jadi tidak bisa maksimal karena daya konsentrasi pun menurun. Selain itu, kantuk juga dapat menimbulkan rasa malas.

Selama ini, banyak orang-orang yang menghalau rasa kantuk dengan meminum kopi. Kopi mengandung kafein yang bisa mencegah rasa kantuk, namun jika terlalu banyak kafein dalam darah tentu tak baik untuk kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/10/2020), berikut ini merupakan cara efektif untuk mengusir rasa kantuk tanpa minum kopi.

1. Kondisi Ruangan Terang

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan kantuk adalah dengan menyalakan lampu yang terang selama bekerja. Ketika bekerja dengan lampu yang padam atau remang-remang dapat memicu otak untuk beristirahat sehingga rasa kantuk pun menyerang.

Kondisi ruangan yang terang dapat memicu otak untuk lebih produktif dan meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Sebaiknya ketika Anda sedang bekerja di rumah ataupun di kantor, usahakan lampu untuk tetap menyala terang sehingga dapat menghalau rasa kantuk.

2. Aktif Bergerak

Selanjutnya, salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk yakni dengan aktif bergerak. Tetap berdiam diri dalam satu posisi di jangka waktu yang lama dapat membuat Anda cepat mengantuk. Supaya dapat mengusir rasa kantuk, sebaiknya tetap aktif bergerak.

Usahakan beristirahat setiap 30 menit dan melakukan kegiatan seperti berjalan di dalam ruangan atau melakukan peregangan. Selain dapat mengusir rasa kantuk, hal ini juga dapat mereduksi stres akibat tekanan pekerjaan.

3. Minum Air Putih

Cara untuk menghilangkan kantuk yang kelima yakni adalah dengan tetap terhidrasi. Meskipun tidak melakukan kegiatan outdoor, namun Anda harus tetap ingat untuk terus minum air putih secara cukup.

Hal ini lantaran ketika sedang bekerja, otak sedang digunakan secara maksimal dan dapat menguras energi Anda. Dengan minum air putih dapat membuat Anda tetap fokus dan mencegah rasa kantuk.

Dalam sebuah penelitian tahun 2010 disebutkan dehidrasi membawa pengaruh terhadap fungsi otak. Para peneliti melaporkan bahwa tingkat dehidrasi ringan dapat merusak memori jangka pendek, konsentrasi, kemampuan matematika, kewaspadaan, dan persepsi.

4. Posisi Duduk Benar

Ketika sedang fokus bekerja, kadang kala kita tidak memperhatikan cara kita duduk. Padahal cara duduk ketika bekerja sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan.

Sebaiknya Anda tetap duduk dengan posisi tegak di kursi. Dengan menjaga postur tubuh saat duduk juga dapat mengurangi rasa kantuk.

Jika Anda sedang bekerja di rumah, hindari untuk duduk di kasur atau di lantai. Hal ini dapat memicu keinginan Anda untuk berbaring sehingga menimbulkan rasa kantuk. Sebaiknya tetaplah duduk di kursi sehingga membantu Anda untuk tetap fokus dan waspada.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat memiliki berbagai dampak yang baik untuk tubuh. Makanan sehat memberikan banyak energi untuk tubuh sehingga mempengaruhi tingkat konsentrasi yang kita miliki.

Selain itu, dengan energi tubuh yang tetap terjaga, juga membuat kita terhindar dari rasa kantuk dan tubuh yang mudah kelelahan. Sebaliknya, makanan ringan yang manis dan junk food merupakan makanan yang dapat meningkatkan gula darah.(Hdi)

BERITA TERKAIT