Kesehatan

Jumat, 13 November 2020 10:02 WIB

Mudah Diolah, Ini 7 Jenis Makanan untuk Jaga Kesehatan Jantung

Editor: Hadi Ismanto

Serangan jantung (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Salah satu cara menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan menjaga pola makan. Namun, sebagian orang menilai bahan makanan yang baik saat diet tidak banyak pilihan.

Padahal jika diolah dengan benar, banyak variasi makanan lezat dan mudah diolah yang baik untuk kesehatan jantung. Bahkan makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Seperti dilansir laman Men's Health, Jumat (13/11/2020), berikut 10 jenis makanan yang baik untuk jantung sekaligus memiliki rasa yang menggugah selera.

1. Ceri tart

Ceri tart diketahui kaya akan antioksidan polifenol. Buah ini juga memiliki sifat antiinflamasi. Studi pada 2019 menunjukkan bahwa konsumsi jus ceri tart yang rutin dapat memberikan efek positif bagi kadar kolesterol darah.

Kadar kolesterol darah yang terkontrol akan memberi dampak yang baik bagi kesehatan jantung. Selain diolah menjadi jus, ceri tart juga bisa diolah menjadi //smoothie// atau dimakan langsung.

2. Pistachio

Hampir 90 persen dari kandungan lemak dalam kacang pistachio adalah lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Satu porsi pistachio mengandung sekitar tiga gram serat.

Selain menyehatkan bagi jantung, kacang ini juga dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih memuaskan.

3. Biji-bijian utuh

Konsumsi produk yang dibuat dari biji-bijian utuh atau whole grain secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, mengganti produk dari bahan biji-bijian olahan menjadi produk dari biji-bijian utuh dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL atau kolesterol jahat".

4. Kentang

Dalam menjaga kesehatan jantung, asupan kalium memegang peranan penting untuk mengelola tekanan darah. Satu porsi kentang mengandung kalium yang lebih banyak dibandingkan pisang. Kentang juga merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik.

5. Oat

Oat biji-bijian utuh dan oat bran memiliki kandungan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Kombinasi diet rendah lemak jenuh dan tiga gram serat larut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Alpukat

American Heart Association merekomendasikan konsumsi lemak tak jenuh tunggal dan ganda, sekaligus membatasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Alpukat dikenal kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat.

7. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon sebaiknya dikonsumsi dua porsi per pekan untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan strok. Ikan-ikan berlemak dapat memberikan asupan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.(Hdi)

BERITA TERKAIT