test

Kesehatan

Kamis, 12 November 2020 10:02 WIB

Catat, Ini Lima Langkah Mudah Jaga Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Hindari kebiasaan buruk, dan mulai berolahraga agar terhindar dari segala penyakit (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

Namun sebelum menerapkan pola hidup sehat, penting untuk dipahami terlebih dahulu bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah menetapkan tujuan dan kemudian melakukannya selangkah demi selangkah.

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut sejumlah langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh selalu sehat.

  1. Tidur teratur
    Tidur dapat memengaruhi kinerja dan fungsi tubuh kita, perlu diketahui bahwa kurang tidur dapat menyebabkan risiko beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah. Disarankan untuk tidur selama 7 jam agar Anda tetap sehat.
  2. Biasakan berjalan
    Menurut sebuah penelitian, aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Cara terbaik dan termudah untuk menjaga kesehatan Anda adalah cukup 30 menit berjalan kaki setiap hari.
  3. Hindari stres
    Gaya hidup yang super sibuk dapat memengaruhi tingkat stres seseorang, dan disadari atau tidak, stres dapat mempengaruhi kesehatan dan mengganggu tugas sehari-hari.
  4. Cukup minum air putih
    Menurut sebuah penelitian, kecukupan cairan dalam tubuh harian yang disarankan bagi wanita adalah 2.200 ml, sedangkan untuk pria adalah 3.000 ml. Namun, untuk tetap sehat, sangat penting terhidrasi sepanjang hari.
  5. Terus aktif bergerak
    Bergerak aktif tidak selalu berarti olahraga, bisa saja Anda melakukan kegiatan yang lebih mudah seperti naik tangga. Memang terdengar sederhana, tetapi dapat membantu menjaga tubuh Anda terus bugar dan mencegah risiko penyakit seperti alzheimer.(Hdi)

BERITA TERKAIT