test

News

Kamis, 29 Juli 2021 09:07 WIB

Wapres: Limbah Medis Jangan Sampai Jadi Penularan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: PMJ News/Instagram @kyai_marufamin).

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin meminta pengolahan limbah B3 Medis Covid-19 menjadi salah satu perhatikan serius dalam penanganan Covid-19, agar tidak menjadi mata rantai baru dalam penyebaran virus.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf Amin saat Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Seluruh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui konferensi video, Rabu (28/7/2021).

"Masalah limbah B3, limbah ini menjadi persoalan karena ini juga menjadi masalah baru di dalam rangka kita memutus penularan. Jangan sampai limbah ini juga menjadi sumber penularan baru. Sehingga perlu ditangani dengan serius," jelas Wapres Ma'ruf

Wapres menyampaikan sesuai arahan Presiden, diperlukan penanganan serius dan langkah konkret dalam pengelolaan Limbah B3 Medis Covid-19.

Menurut Wapres, di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sedang dilakukan pembahasan yang lebih mendalam untuk menentukan langkah-langkah teknis lebih lanjut.

Karena itu, Wapres meminta Pemerintah Provinsi DIY juga dapat berperan aktif dalam membuat formulasi langkah-langkah tersebut serta melakukan koordinasi di tingkat daerah dan dengan pemerintah pusat.

Dia berharap ada semacam Badan Layanan Umum yang menangani persoalan limbah media Covid-19 tersebut.

"Atau apa yang menangani. Karena itu saya minta nanti Pak Gubernur untuk berkoordinasi. Sebab, masalah limbah ini menjadi masalah sangat penting harus diatasi. Perlu penyediaan fasilitas pengolahan yang cukup, ya, itu supaya semuanya dicek,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres kembali mengingatkan Pemda DIY dan Satgas di DIY memastikan 3T (Testing, Tracing, Treatment) berjalan dalam upaya menanggulangi Covid-19 di DIY. Diketahui, Provinsi DIY positivity rate cukup tinggi sebesar 41 persen.

"Saya minta agar tes ini sebanyak mungkin diupayakan berasal dari pelacakan kontak erat," ujarnya.

Wapres juga berpesan seluruh jajaran Pemerintahan di Provinsi DIY dapat terus berupaya sebaik mungkin dalam penanganan pandemi Covid-19 di daerahnya dapat selalu terkendali dan jumlah kasusnya melandai.

BERITA TERKAIT