logo-pmjnews.com

test

Kesehatan

Rabu, 6 Januari 2021 10:02 WIB

Studi: Pakai Masker Tanpa Jaga Jarak Tak Bisa Cegah Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Studi terbaru mengungkap pakai masker tanpa jaga jarak tetap memungkinkan tertular Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).
Studi terbaru mengungkap pakai masker tanpa jaga jarak tetap memungkinkan tertular Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Saat ini hampir tak ada yang bisa menjamin Anda bakal kebal dari virus corona, termasuk dengan memakai masker sekalipun. Mengenakan penutup mulut dan hidung ini, ternyata juga tak cukup mencegah penyebaran Covid-19 jika tidak menjaga jarak.

Seperti dilansir laman Science Daily, Rabu (6/1/2021), dalam Physics of Fluids oleh AIP Publishing, para peneliti menguji bagaimana lima jenis bahan masker memengaruhi penyebaran tetesan yang membawa virus corona saat kita batuk atau bersin.

Setiap bahan yang diuji mengurangi jumlah tetesan yang menyebar. Tetapi pada jarak kurang dari 6 kaki (1,82 cm), tetesan yang cukup berpotensi menyebabkan penyakit masih berhasil melewati beberapa bahan.

"Masker pasti membantu, tetapi jika orang-orang sangat dekat satu sama lain, masih ada kemungkinan menyebarkan atau tertular virus," ungkap Krishna Kota, seorang profesor di Universitas Negeri New Mexico dan salah satu penulis artikel.

"Bukan hanya masker yang akan membantu. Ini juga masker dan jarak," sambungnya.

Sekalipun masker menghalangi sebagian besar partikel itu, cukup banyak yang bisa lolos untuk membuat seseorang sakit jika orang itu dekat dengan pembawa alias tidak jaga jarak sosial.

"Memakai masker akan menawarkan perlindungan yang substansial, tetapi tidak lengkap, bagi orang yang rentan dengan mengurangi jumlah bersin dan tetesan batuk dari udara asing yang masuk ke orang tersebut tanpa masker," tuturnya.

"Pertimbangan harus diberikan untuk meminimalkan atau menghindari jarak dekat. interaksi manusia-wajah atau frontal, jika memungkinkan," inbuhnya.

BERITA TERKAIT