test

News

Kamis, 16 April 2020 19:32 WIB

WHO Sesalkan Keputusan Donald Trump Terkait Penyetopan Dana

Editor: Hadi Ismanto

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Organisasi Kesehatan Dunia menyesalkan keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Presiden AS itu telah menyetop anggaran untuk WHO yang mencapai ratusan juta dolar.

Kebijakan yang diambil oleh Presiden Trump itu dikarenakan WHO dianggap gagal meredam pandemi virus corona di awal kemunculannya. Kritikan lainnya, WHO dinilai tak tegas dengan China.

Menyikapi keputusan presiden Trump ini, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengingatkan bahwa relasi antara WHO dan AS telah berjalan lama.

"Amerika Serikat telah menjadi sahabat lama yang dermawan bagi WHO dan kami berharap turut berlanjut seperti itu. Kami menyesali keputusan Presiden Amerika Serikat yang memerintahkan penahanan pendanaan kepada WHO," jelas Tedros di Jenewa, Rabu (15/4/2020).

Amerika Serikat diketahui merupakan donatur paling besar bagi WHO. Presiden Trump menyebut sumbangan bisa mencapai US$ 500 juta atau Rp 7,8 triliun.

Belum jelas apakah keputusan Donald Trump ini akan disetujui DPR AS. Ketua DPR Nancy Pelosi juga telah mengecam keputusan Donald Trump.

Rencananya, Presiden Donald Trump ingin mengalihkan bantuan untuk WHO ke organisasi-organisasi lain yang 'lebih cerdas'. Ia pun mengisyaratkan menantikan reformasi di tubuh WHO, meski tidak menjelaskan lebih lanjut reformasi yang dimaksudnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT