test

News

Selasa, 18 Agustus 2020 14:18 WIB

Peduli Kemanusiaan, 1.080 Napi Siap Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

1.080 narapidana menandatangani surat pernyataan kesediaan menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ - Sebanyak 1.080 narapidana menyatakan kesediaannya menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19. Mereka adalah para napi dari unit pelayanan teknis (UPT) Pemasyarakatan jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten.

Kesiapan para napi di Banten untuk menjadi relawan disampaikan saat upacara pemberian remisi umum narapidana dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Lapas Kelas II A Cilegon, Senin (17/8/2020) kemarin.

"Tercatat sebanyak 1.080 warga binaan atau narapidana dari UPT Pemasyarakatan Kanwil Banten siap menjadi relawan uji klinis," demikian bunyi kutipan siaran pers Kemenkum HAM RI, Selasa (18/8/2020).

Perwakilan narapidana relawan uji klinis vaksin Covid-19 ini telah menandatangani surat pernyataan di hadapan Wagub Banten Andika Hazrumy dan Kakanwil Kemenkumham Banten Andika Dwi Prasetya.

Kakanwil Banten, Andika Dwi Prasetya menyebut momentum peringatan HUT RI mendorong nasionalisme para warga binaan dan Petugas Pemasyarakatan untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Corona. Hal ini juga sebagai wujud rasa kemanusiaan.

"Ini juga bukti bahwa orang yang menjadi narapidana bukan berarti orang-orang yang tidak memiliki peluang berbuat baik. Ini sekaligus menghapus stigma dimana orang yang berada di dalam penjara selamanya jahat, buruk dan tidak bisa berbuat baik," jelas Andika.

"Mereka memang pernah khilaf dan berbuat salah. Tetapi mereka juga tetap memiliki nurani untuk berbuat baik dan untuk kemanusiaan, sesuatu yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang bebas di luar penjara," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT