test

Hukrim

Senin, 14 Oktober 2019 19:05 WIB

Menteri Susi Tegaskan Kejahatan Perikanan Ancam Aspek Kemanusiaan

Editor: Redaksi

Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Foto: Dok Net)

PMJ - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menegaskan, aktivitas kejahatan perikanan yang ada di Indonesia dan di negara lain juga mengancam berbagai aspek kemanusiaan yang harus segera diatasi secara global.

"IUU Fishing merupakan ancaman besar, bukan hanya kepada stok ikan tetapi juga kepada perekonomian dan kemanusiaan," tutur Menteri Susi, di Kantor KKP, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Menteri Susi kembali mengatakan, bahwa aktivitas penangkapan ikan akan mengancam kemanusiaan dunia antara lain karena berkenaan dengan kejahatan keji lainnya misalnya perbudakan.

Selain itu, menurut Menteri Susi, terdapat juga tindak pencurian ikan yang juga terkait dengan perdagangan satwa langka serta hingga penyelundupan senjata api dan narkoba.

Menteri Susi pun mengimbau tindak pidana sektor perikanan merupakan aktivitas kejahatan yang dinilai menguntungkan karena kerap dapat menghindari pajak. Seperti, dengan melakukan alih muatan di tengah laut, sehingga bisa mengurangi beban biaya lebih besar lagi.

Karena itu, KKP menekankan pentingnya pula untuk berkolaborasi secara internasional dengan berbagai negara dalam rangka mengatasi kegiatan penangkapan ikan secara ilegal. (FER).

BERITA TERKAIT