test

News

Senin, 6 Mei 2024 21:03 WIB

Kemenkes: Efek Samping Vaksin AstraZeneca Maksimal Enam Bulan

Editor: Hadi Ismanto

Vaksin AstraZenecca yang mendapat izin WHO. (Foto: PMJ News/France24).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan rentang waktu efek samping vaksin Covid-19 AstraZeneca maksimal enam bulan setelah menerima vaksinasi.

"Kalau vaksin AstraZeneca dikatakan efek samping atau kejadian ikutan pasca-imunisasi rentang waktunya adalah empat sampai 42 hari dan paling lama adalah enam bulan sesudahnya," ungkap Karo Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Senin (6/5/2024).

Lebih lanjut Nadia mengatakan, apabila ada penyakit yang dialami penerima vaksin setelah masa enam bulan tersebut hal itu bukan efek dari AstraZeneca.

"Jadi kalau yang sudah lebih dari enam bulan mendapatkan vaksin AstraZeneca, kalau ada penyakit pembekuan darah, itu hampir bisa dipastikan bukan karena AstraZeneca," tuturnya.

Nadia pun mengimbau agar masyarakat untuk tidak panik, mengingat berdasarkan hasil surveilans Komisi Nasional (Komnas) Pengkajian dan Penanganan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI), tak ditemukan efek samping ataupun gejala pembekuan darah.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena sampai saat ini Komnas KIPI tidak menemukan gejala atau menerima laporan terkait adanya gangguan pembekuan darah," tukasnya.

BERITA TERKAIT