test

Fokus

Sabtu, 20 Juni 2020 17:10 WIB

Kapolri-Panglima TNI Lakukan Inspeksi di Pasar Karangayu dan Paragon

Editor: Ferro Maulana

Kapolri bersama Panglima TNI. (Foto ; PMJ/Dok Polri).

PMJ - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis ketika melakukan inspeksi kepada personel TNI dan Polri yang ditugaskan menjada protokol Covid-19 di fasilitas umum, hari ini Sabtu (20/06/2020)

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri melakukan inspeksi di Pasar Karangayu dan Paragon Mall kota Semarang untuk melihat secara langsung penugasan anggota TNI-Polri dalam membantu penertiban Protokol Kesehatan di dua lokasi itu.

Rombongan Panglima TNI dan Kapolri tiba di Lanumad Ahmad Yani Semarang sekitar pukul 11.00 Wib. Keduanya langsung disambut oleh Gubernur Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta jajarannya. Kemudina ada juga Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang yang turut mendampingi.

Usai istirahat sebentar di ruang transit VIP, rombongan kemudian menuju Pasar Karangayu Semarang. Di sana rombongan sempat berkeliling dan sesekali berinteraksi dengan pedagang dan mengingatkan para pedagang di pasar tradisional tersebut untuk tetap tertib menjalankan protokol kesehatan dalam berdagang.

Kunjungan di Pasar Karangayu tidak berlangsung lama. Pasca berkeliling, berinteraksi, dan membagikan masker, rombongan kembali bertolak ke Paragon Mall Semarang. Di sana rombongan juga berkeliling untuk melihat ketertiban menjaga protokol kesehatan.

"Hari ini kami melakukan kunjungan kerja ke pasar tradisional dan mall. Tujuannya melihat secara langsung penugasan anggota TNI-Polri untuk membantu pemerintah daerah mendisiplinkan protokol kesehatan," terang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Ganjar Pranowo, hari ini Sabtu (20/06/2020).

"Apakah mereka sudah sesuai SOP yang dikeluarkan oleh Mabes TNI dan Polri," ujarnya.

Menurut Hadi dari hasil pengamatan di lokasi, semua sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Antara lain, masyarakat masuk ke pasar tradisional maupun mall sudah di-screening, dilihat temperaturnya. Apabila di bawah 37,5 maka dipersilakan masuk dengan persyaratan lagi adalah mencuci tangan.

"Di dalam pun masih diawasi oleh anggota TNI-Polri supaya tidak bergerombol. Saya lihat tadi ada juga penjelasan untuk selalu memakai masker dan jaga jarak," tuturnya.

"Demikian juga jika ada di antara pengunjung yang temperaturnya melebihi 37,5 maka diserahkan kepada Gugus Tugas untuk mendapatkan perawatan," katanya lagi.

Hadi melanjutkan, kesusksesan pendisiplinan protokol kesehatan yaitu kerjasama antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan pengelola. Pengelola juga telah menyampaikan bahwa semuanya mengikuti prosedur yang sudah ada.

"Kemudian juga dengan keikutsertaan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas dan aman dari Covid-19 sampai obatnya ditemukan," tuturnya menambahkan.

Untuk diketahui, jauh hari sebelum kunjungan dari Panglima TNI dan Kapolri tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sudah mengunjungi pasar tradisional Karangayu dan Paragon Mall Semarang.

Setidaknya Ganjar sudah tiga kali mengunjungi ke Pasar Karangayu, mulai sebelum ditutup, ketika ditutup sementara, dan ketika kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penataan lapak pedagang.

"Saya sudah melihat Pasar Karangayu. Pasar juga sempat ditutup sementara untuk disterilkan dan saya ke sana lagi saat sudah ditata ulang. Memang ada perbedaan," pungksnya. ( FER).

BERITA TERKAIT