test

News

Senin, 24 April 2023 12:06 WIB

12 Ruas Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera Beri Diskon pada 27-29 April

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Jalan Tol Trans Sumatra. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut baik inisiatif Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang akan memberikan diskon tarif tol saat arus balik Lebaran 2023.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, diskon tarif tol diberikan sebagai upaya untuk memecah kepadatan lalu lintas di jalan tol saat arus balik Lebaran 2023.

“Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta,” ujar Triono dalam keterangannya yang diterima Senin (24/4/2023).

Saat ini ruas jalan tol yang diberi diskon di Trans Jawa bertambah 6 titik, sehingga total sebanyak 12 ruas jalan tol yang memberikan diskon tarif tol saat arus balik Lebaran 2023.

Sebelumnya sudah terdapat 6 ruas jalan tol yang diberi diskon, yakni 3 ruas di Pulau Jawa jalan tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak dan Cibitung-Cilincing), dan 3 ruas di Pulau Sumatera (jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung).

6 ruas baru jalan tol Trans Jawa akan menerapkan diskon tarif tol terjauh sebesar 20% pada tanggal 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB yang berlokasi di:

1.Jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT. Jasamarga Semarang Batang;

2.Jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT. Pemalang Batang Toll Road;

3.Jalan tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT. Pejagan Pemalang Toll Road;

4.Jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT. Semesta Marga Raya;

5.Jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk;

6.Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan, yang dikelola oleh PT. Lintas Marga Sedaya.

Penerapan diskon tarif jalan tol Trans Jawa untuk arus balik Lebaran 2023 pada tanggal 27-29 April 2023 sebelumnya sudah diberikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20% untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama, lalu oleh PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) untuk jalan tol Tangerang-Merak, dan oleh  PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada tanggal 14-30 April 2023 dengan besaran potongan tarif tol adalah Golongan I sebesar 15%, Golongan II dan III sebesar 44%, dan Golongan IV dan V sebesar 58%.

Sementara untuk diskon tarif tol sebesar 20% pada tanggal 27-29 April 2023 di ruas jalan tol Trans Sumatera diberikan oleh PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, juga untuk semua golongan kendaraan pada tarif tol terjauh (masuk Gerbang Tol Bakauheni Selatan keluar Gerbang Tol Kayu Agung).

Lalu di Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) memberikan diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan sebesar 20% dan berlaku pada 27-29 April 2023.

“Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT