test

News

Kamis, 20 Agustus 2020 14:01 WIB

Tarif Tol Desari Ruas Sawangan-Brigif Naik, Berikut Rinciannya

Editor: Ferro Maulana

Jalan tol Depok-Antasari (Desari) ruas Sawangan-Brigif. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Tarif jalan tol Depok-Antasari (Desari) ruas Sawangan-Brigif dan sebaliknya mengalami kenaikan. Akun Twitter resmi Tol Desari mengumumkan kenaikan tarif mulai berlaku hari ini Kamis (20/8/2020).

Penetapan tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1323/KPTS/M/202. Berikut rincian tarif:
1. Golongan I: Rp 11.000
2. Golongan II: Rp 16.500
3. Golongan III: Rp 16.500
4. Golongan IV: Rp 22.000
5. Golongan V: Rp 22.000

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR bersama investor sudah merampungkan pembangunan proyek jalan tol Depok-Antasari (Desari) seksi Brigif-Sawangan pada awal Juli 2020 lalu.

Seksi kedua ini sudah dibuka untuk umum dan sempat gratis untuk sementara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan tol Desari dibangun dalam rangka meningkatkan konektivitas wilayah strategis perkotaan metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Menurutnya, Tol Desari siap diteruskan pembangunannya sampai Salabenda, Kabupaten Bogor, sepanjang 6,5 kilometer dan terkoneksi dengan tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

"Jalan tol ini sejajar dengan tol Jagorawi. Apabila sudah rampung, tol Desari akan mengurangi beban lalu lintas tol Jagorawi sekitar sepertiga dari arus lalu lintasnya dan mempercepat waktu tempuh penduduk di Selatan Jakarta menuju Bogor," tutur Basuki, belum lama ini.

Sekedar informasi, Tol Desari seksi II terbentang sepanjang 6,3 Km dengan empat gerbang, antara lain Krukut 1 (keluar tol), Krukut 4 (masuk tol), Sawangan 1 (keluar tol), dan Sawangan 4 (masuk tol) yang berakhir di jalan nasional Jalan Raya Sawangan, Jawa Barat.

Tol Desari seksi II merupakan kelanjutan dari seksi I, yaitu Antasari-Brigif yang diresmikan Presiden Jokowi pada September 2018 lalu. Jadi total, tol Desari terbentang sepanjang 21,60 Km dan terbagi menjadi tiga seksi. (Fer)

BERITA TERKAIT