test

News

Senin, 6 Juli 2020 09:04 WIB

Tol Desari Akan Terkoneksi Hingga Tol BORR

Editor: Hadi Ismanto

Kondisi lalu lintas Tol Desari (Foto: Instagram/@senkomdesari)

PMJ - Tol Depok - Antasari (Desari) Seksi II Brigif - Sawangan telah dibuka untuk umum sejak Jumat (3/7) pekan lalu. Pembukaan tol ini diharapkan meningkatkan kawasan strategis perkotaan metropolitan Jabodetabek.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Jalan Tol Desari rencananya akan terus dilanjutkan pembangunannya sampai Salabenda, Kabupaten Bogor sepanjang 6,5 km dan akan terkoneksi dengan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Nantinya, apabila telah rampung Tol Desari akan mengurangi beban lalu lintas Tol Jagorawi. Disamping itu mempercepat waktu tempuh penduduk di Selatan Jakarta menuju Bogor.

"Jalan tol ini sejajar dengan Tol Jagorawi, sehingga nanti kalau jalan tol ini tersambung sampai di Bogor, maka sekitar sepertiga arus lalu lintas di Jagorawi akan pindah kesini terutama bagi pengendara yang melintasi Kebayoran - Pasar Minggu menuju Bogor," ujar Menteri Basuki, Minggu (5/7/2020).

Tol Desari Seksi II memiliki panjang 6,3 km dengan empat gerbang diantaranya Gerbang Krukut 1 (keluar tol), Gerbang Krukut 4 (masuk tol), Gerbang Sawangan 1 (keluar tol) dan Gerbang Sawangan 4 (masuk tol). Tol ini berakhir di jalan nasional Jalan Raya Sawangan.

Tol Desari Seksi II merupakan bagian dari Tol Desari Seksi 1 Antasari - Brigif yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 27 September 2018 lalu.

Tol Desari memiliki total keseluruhan panjang 21,60 Km dan terbagi menjadi terbagi dalam 3 seksi, yaitu Seksi I Antasari - Brigif sepanjang 5,80 km, Seksi II Brigif - Sawangan sepanjang 6,30 km, Seksi III Sawangan - Bojong Gede sepanjang 9,50 km yang akan beroperasi pada Januari 2021.

Diharapkan dengan beroperasinya jalan tol yang menjadi penghubung Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dengan JORR II dapat memecahkan masalah kemacetan lalu lintas yang mengubungkan Kota Jakarta dengan kota-kota sekitarnya, seperti Depok dan Bogor.(Hdi)

BERITA TERKAIT