test

News

Selasa, 16 November 2021 10:35 WIB

Jokowi Resmikan Tol Serang-Panimbang Sektor 1

Editor: Hadi Ismanto

Gerbang Tol Rangkasbitung yang terhubung ke Ruas Tol Serang-Panimbang. (Foto: PMJ News/Instagram @ptwijayakarya).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 sepanjang 26,5 km yang menghubungkan Serang-Rangkasbitung. Peresmian direncanakan di Gerbang Tol (GT) Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut Jalan Tol Serang-Panimbang bakal menghubungkan sejumlah kota dan kabupaten, yakni Serang, Lebak dan Pandeglang.

"Kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan dengan Banten Utara yang secara geografis berdekatan dengan Ibu Kota DKI Jakarta," jelas Basuki dalam keterangannya, Selasa (16/11/2021).

Jalan Tol Serang-Panimbang dengan total panjang 83,67 km terdiri dari tiga seksi. Di antaranya Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang-Rangkasbitung, dimana pengerjaannya sudah selesai 100 persen.

Kemudian Seksi 2 sepanjang 24,17 km menghubungkan ruas tol Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang masih dalam tahap konstruksi.

Adapun proses konstruksinya dikerjakan lewat skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Untuk Seksi 1-2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang selaku anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan Seksi 3 porsi pemerintah.

BERITA TERKAIT