test

News

Senin, 22 Februari 2021 15:35 WIB

Menteri PUPR Ungkap Penyebab Jebolnya Tanggul Sungai Citarum

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.(Foto: PMJ News/YouTube BNPB Indonesia).

PMJ NEWS - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan jebolnya tanggul Sungai Citarum. Diketahui, jebolnya tanggul menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pernyataan tersebut disampaikan Basuki seusai melakukan peninjauan ke beberapa titik bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Doni Monardo.

"Kita lihat tadi ada beberapa tanggul-tanggul yang jebol. Bukan hanya tanggul sungai, tapi juga tanggul-tanggul saluran irigasi. Itu muka airnya sudah rata semua," ungkap Basuki seperti disiarkan kanal YouTube BNPB, Senin (22/2/2021).

Menurut Basuki jebolnya tanggul Sungai Citarum ini ada kaitannya dengan aliran air Sungai Cibeet yang merupakan anak Sungai Citarum. Selain itu, debit air yang masuk melampaui daya tampung sungai tersebut.

"Debitnya sekarang yang masuk ke Sungai Citarum 900 meter kubik per detik. Jadi walaupun dari Jatiluhur dikurangi outflow-nya, karena hanya untuk menggerakkan listrik, tapi bergabung debit menjadi 1.300 meter kubik per detik," tuturnya.

"Daya tampungnya, kapasitasnya 1.100 meter kubik per detik sehingga itu memang meluap," sambungnya.

Basuki juga mengatakan, saat ini pihak PUPR melalui Balai Besar Citarum tengah melakukan pemasangan tanggul. "Kami juga sudah bergerak dari Balai Besar Citarum untuk segera mengatasi, menutup," tukasnya.

BERITA TERKAIT