test

Hukrim

Rabu, 18 Januari 2023 13:26 WIB

Dugaan Aliran Dana ke OPM, KPK Siap Periksa Istri Lukas Enembe

Editor: Ferro Maulana

Keterangan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memeriksa istri Gubernur Papua Lukas Enembe (LE), Yulce Wenda dalam kapasitasnya sebagai saksi.

Yulce akan dikonfirmasi tim penyidik KPK berkenaan dugaan keterkaitan sampai aliran dana untuk Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Pemeriksaan terhadap istri LE tentu akan didalami di proses penyidikan, berdasarkan alat bukti,” ungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada awak media, di Jakarta, Rabu (18/1/2023).

“Berdasarkan saksi lain, apakah ada keterkaitan yang bersangkutan dengan kelompok yang selama ini berseberangan dengan pemerintah. Pasti akan didalami," sambungnya.

Adapun dugaan aliran uang untuk OPM muncul setelah Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat, Benny Wenda memberikan dukungan terhadap Lukas Enembe. 

Benny Wenda disebut memiliki kaitan erat dengan OPM. Melalui akun media sosialnya, Benny meminta pemerintah Indonesia melepas Lukas Enembe.

"Indonesia harus segera melepaskan Gubernur Lukas Enembe yang ditangkap atas tuduhan korupsi palsu," tutur Benny Wenda melalui akun Twitter-nya.

Sementara itu, KPK melalui Ditjen Imigrasi Kemenkumham juga telah mencegah Yulce Wenda untuk bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan.

BERITA TERKAIT