test

News

Rabu, 8 April 2020 20:09 WIB

Polisi Amankan 6 Orang Pemasok Makanan dan Amunisi ke KKB Papua

Editor: Hadi Ismanto

Satgas Tinombala menembak mati dua terduga teroris di Poso, Sulawesi Tengah. (Foto: Ilustrasi/ PMJ/ FIF).

PMJ - Kepolisian mengamankan enam orang warga Mimika, Papua. Merela diduga sebagai penyuplai bahan makan dan senjata untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Hengky Wamang.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyebut pihaknya menangkap mereka saat melakukan operasi kepolisian dengan sasaran senjata tajam (sajam), minuman keras (Miras), dan barang-barang lain yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.

"Saat operasi ditemukan enam orang yang membawa kebutuhan pangan pokok untuk target utama KKB yang berada di area Kalikopi. Selanjutnya kendaraan yang membawa bahan makanan tersebut diamankan di Polsek Kuala Kencana," jelas Adhinata, Rabu (8/4/2020).

Keenam orang yang ditangkap adalah Yohanis Wamang, Roni Wamang, Ema Natkiin/Natkime, Nangain Magai, Emarain Magai dan Imelda Magai (anak Nangain Magai). Polisi mengamankan bahan makanan seperti beras, mi instan, gula, kopi dan bumbu dapur.

Menurut dia, dari hasil interogasi awal di Polsek Kuala Kencana, dicurigai bahan makanan yang dibawa tersebut akan disalurkan kepada KKB. Karena itu keenam orang tersebut dibawa ke Polres Mimika untuk dimintai keterangan

"Dari hasil interogasi diketahui bahwa Hengky Wamang melalui salah satu saudara perempuan meminta tolong untuk membeli bahan makanan di Pasar Lama Jalan Bhayangkara Timika," tuturnya.

"Selanjutnya diantar kepada Hengky Wamang. Kemudian bahan makanan tersebut diantar Anis dengan menggunakan mobil menuju ke jembatan tempat galian C yang akan diambil oleh pasukan utusan Hengky Wamang di tempat yang telah ditentukan," sambungnya

Salah satu orang yang diamankan yaitu Ema yang mengakui bahwa dirinya telah beberapa kali mengirim bahan makanan dan amunisi untuk Hengky Wamang. Ada sekitar 35 butir amunisi yang berhasil dikirim selama tahun 2016-2017.

Polisi akan mengusut tuntas sumber amunisi tersebut. Keenam orang tersebut dilakukan pemeriksaan intensif di Polres Mimika demi kepentingan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.

"Dari hasil penyelidikan saat ini Polres Mimika sudah mengantongi beberapa nama yang dicurigasi melakukan kegiatan mendukung KBB Kali Kopi, dan Tembagapura. Polisi akan melakukan tindakan tegas terhadap oknum-oknum jika masih melakukan," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT