test

News

Kamis, 30 Juni 2022 08:01 WIB

KKIH Mekah Siapkan 10 Bus untuk Safari Wukuf Jemaah Haji yang Sakit

Editor: Ferro Maulana

Jemaah Haji Indonesia. (Foto : PMJ/Dok Net).

PMJ NEWS -  Pihak Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) daerah kerja Mekah telah menyiapkan 10 bus untuk safari wukuf jemaah haji yang sakit.  Hal itu disebabkan, sudah ada 61 jemaah calon peserta Safari Wukuf.

"Kami menyediakan kurang lebih 10 bus. Empat bus untuk jemaah sakit yang posisinya dibaringkan dan enam bus disiapkan untuk jamaah safari wukuf dalam kondisi duduk," terang Kepala KKHI Mekah dr Andi Ardjuna Sakti, dalam siaran persnya.

Sementara itu, untuk bus yang duduk, jumlah kursi yang diisi kurang lebih 50 persen, dengan estimasi satu bus dapat membawa 25 jemaah. Sehingga total sekitar 125 jemaah haji bisa disafariwukufkan dengan bus.

Selanjutnya, bagi jemaah yang berbaring disiapkan empat bus dengan kapasitas masing-masing bus kurang lebih diisi enam sampai delapan jemaah.

Pada setiap bus, KKHI Mekah bakal menugaskan tim yang terdiri dari dokter, perawat dan tenaga pendukung kesehatan (TPK).

Berikutnya, setiap bus akan diisi pembimbing ibadah. Jadi jemaah yang akan disafariwukufkan tidak akan terlepas dari pelayanan kesehatan dan ibadah yang merupakan kolaborasi antara Kemenag dan Kemenkes.

Andi Ardjuna melanjutkan, hingga sekarang sudah 61 jamaah peserta calon safari wukuf. Tim kesehatan KKHI Mekah yang menjadi penentu jamaah haji yang akan jalani safari wukuf.

Andi Ardjuna kembali mengungkapkan, data jemaah yang ikut safari wukuf tersebut, sifatnya masih sementara dan bisa berubah. Tergantung dari hasil penilaian tim dokter safari wukuf.

Adapun tim kesehatan KKHI Mekah masih terus mengevaluasi jamaah haji yang sudah masuk data safari wukuf hingga 8 Dzulhijah.

"Kita akan evaluasi kesehatan jemaah sampai H-1. Di H-1 nanti, ini diperkirakan semua jemaah yang akan disafariwukufkan kita akan dapatkan datanya," tandasnya.

BERITA TERKAIT