test

News

Rabu, 29 Juli 2020 13:20 WIB

Diikuti 10 Ribu Jemaah, Ibadah Haji 2020 Dimulai Hari Ini

Editor: Hadi Ismanto

Pelaksanaan ibadah umrah. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Umat Muslim memulai ibadah haji tahunan pada hari Rabu (29/7), yang dikurangi secara signifikan tahun ini. Langkah ini diputuskan otoritas Arab Saudi untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Ibadah haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan keharusan bagi Muslim yang bertubuh sehat setidaknya sekali seumur hidup. Biasanya menjadi pertemuan keagamaan terbesar di dunia.

Tetapi tahun ini hanya hingga 10.000 orang yang sudah tinggal di Arab Saudi yang akan berpartisipasi dalam ibadah haji, hanya sebagian kecil dari 2,5 juta peziarah dari seluruh dunia yang hadir tahun lalu.

"Tidak ada kekhawatiran terkait keamanan dalam ziarah ini, tetapi (perampingan) adalah untuk melindungi peziarah dari bahaya pandemi," ungkap Direktur Keamanan Publik Arab Saudi, Khalid bin Qarar Al Harbi seperti dilansir laman Channel News Asia, Rabu (29/7/2020).

Para jemaah yang beribadah haji diminta untuk memakai masker dan menjaga jarak sosial selama serangkaian ibadah yang diselesaikan selama lima hari di kota suci Mekah dan sekitarnya di Arab Saudi barat.

Selain itu, mereka yang dipilih untuk ambil bagian dalam haji ini dikenakan pemeriksaan suhu dan ditempatkan di karantina ketika mereka mulai berdatangan ke ke Mekah pada akhir pekan.

Media pemerintah mengungkapkan, petugas kesehatan membersihkan bagasi mereka. Bahkan beberapa jemaah melaporkan diberi gelang elektronik untuk memungkinkan pihak berwenang memantau keberadaan mereka.(Hdi)

BERITA TERKAIT