test

News

Jumat, 29 Oktober 2021 11:05 WIB

Resmi, Perusahaan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Editor: Hadi Ismanto

Facebook berubah menjadi Meta Platform Inc. (Foto: PMJ News/AP Photo).

PMJ NEWS - Facebook Inc (FB.O) resmi berganti nama menjadi Meta Platform Inc. Perubahan nama perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut diumumkan pada Kamis (28/10/2021) malam waktu setempat.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyebut perubahan nama perusahaan induk yang juga menaungi Instagram dan WhatsApp itu merupakan bagian dari 'rebranding' perusahaan setelah mendapat kritik keras beberapa negara dan regulator terkait isu 'pelanggaran' dalam layanannya.

Menurut dia, nama Meta dipilih mewakili harapan masa depan. Rebranding tersebut diharapkan bisa memperkuat posisi raksasa media sosial tersebut di dunia baru Metaverse, yang dipandang sebagai masa depan internet.

"Jadi kami melihat sisi bisnis kami sebagai dua segmen yang berbeda. Satu untuk aplikasi sosial dan satu lagi untuk platform masa depan," jelas Zuckerberg seperti dilansir dari laman The Verge, Jumat (29/10/2021).

"Idenya adalah Metaverse yang kami lakukan bukanlah tentang salah satu dari segmen tersebut. Metaverse akan menjadi platform masa depan dan pengalaman sosial," sambungnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Zuckerberg juga disebut telah menggelontorkan miliaran dolar atau setidaknya USD10 miliar (sekitar Rp141 triliun) pada tahun ini demi membangun Metaverse.

"Saya pikir pada dasarnya kami untuk pertama kali bergerak dari Facebook sebagai sebuah perusahaan menjadi Metaverse," tuturnya.

Meski begitu, perubahan nama tak akan mengubah struktur perusahaan. Raksasa teknologi itu dengan 2,9 miliar pengguna bulanan itu kemarin juga meluncurkan logo baru di Menlo Park, California.

BERITA TERKAIT