test

News

Selasa, 26 Oktober 2021 16:20 WIB

Satu Juta Vaksin Sinovac dan 684.400 AstraZeneca Tiba di Bandara Soetta

Editor: Ferro Maulana

Kedatangan vaksin Astrazeneca. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Indonesia kembali kedatangan sebanyak satu juta dosis vaksin Sinovac yang merupakan hibah dari pemerintah China, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, hari ini, Selasa (26/10/2021).

Vaksin yang tiba hari ini merupakan tahapan kedatangan vaksin ke-100 dari berbagai merek vaksin yang dilakukan pemerintah RI.

"Kedatangan vaksin hari ini sangat spesial karena kedatangan tahap ke-100. Ini hibah dari China. Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah China atas hibah Vaksin Sinovac yang jumlahnya mencapai 1 juta dosis," terang Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Usman Kansong, Selasa (26/10/2021).

Selain Sinovac, vaksin AstraZeneca dari Selandia Baru, juga tiba di Bandara Soetta hari ini.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut, kedatangan vaksin AstraZeneca kali ini termasuk dukungan kerjasama berbagi (dose-sharing) vaksin.

Dukungan berupa 684.400 dosis vaksin jadi AstraZeneca melalui jalur multilateral Covax Facility.

"Ini pertama kalinya Selandia Baru melakukan kerjasama dose-sharing vaksin Covid-19 dengan Indonesia," terang Retno dalam siaran persnya.

"Sehingga total vaksin yang sudah datang di Indonesia. Baik dalam bentuk bahan baku (bulk) dan jadi sekitar 292 juta dosis,” jelas Menlu.

Sebagai informasi, kerjasama Selandia Baru dengan Indonesia, lanjut Retno, merupakan bagian dari komitmen Selandia Baru untuk mendukung program vaksinasi di kawasan Asia dan Pasifik, yang mana mayoritas dari kerjasama dilakukan dengan Indonesia.

BERITA TERKAIT