test

Kesehatan

Kamis, 6 Agustus 2020 08:03 WIB

Seleksi Relawan Vaksin Covid-19 Siap Dimulai pada 11 Agustus

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Pemerintah bersama Universitas Padjajaran bakal menyeleksi relawan vaksin Covid-19 per 11 Agustus 2020. Tetapi pada pekan pertama Agustus ini baru sekira 600 relawan yang mendaftar dari 1.620 relawan yang dibutuhkan.

Ketua Tim Riset Vaksin Covid-19 Kusnandi Rusmil mengungkapkan jika ingin menjadi relawan vaksin Covid-19, terdapat beberapa kriteria. Antara lain, dari rentang usia 18-59 tahun, berdomisili di Bandung selama masa uji klinis, sampai tidak menderita penyakit ganas, juga tidak alergi terhadap vaksin.

"Vaksin ini merupakan vaksin yang terbuat dari virus yang dimatikan. Vaksin ini telah melalui uji klinik fase 1 dan 2," ujarnya melalui pernyataan resminya.

Sebelum diedarkan massal di Tanah Air, uji klinik fase III akan dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan PT Bio Farma dan Badan Litbangkes.

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efikasi keamanan dan respon kekebalan tubuh setelah pemberian dua dosis vaksin SARS-COV-2. Uji klinis ini gratis, relawan tidak dibayar," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT