Kesehatan

Senin, 14 September 2020 17:12 WIB

Masyarakat Dapat Bebas dari Covid-19 Tanpa Vaksin, Asal…

Editor: Ferro Maulana

Tim medis tengah menangani pasien Covid-19. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Pemerintah melalui Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan masyarakat dapat bebas dari Covid-19 tanpa menggunakan vaksin.

Wiku menerangkan hal tersebut hanya bisa terjadi bila masyarakat Indonesia disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam kesehariannya. Misalnya, menggunakan masker, menerapkan jaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

"Memang bisa kita bebas dari Covid-19 tanpa vaksin dengan perubahan perilaku. Supaya tidak tertular atau terinfeksi ya menjalankan protokol kesehatan. Itu imunitas masyarakat yang murah," tuturnya, di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

Sementara, lanjutnya, dalam pencegahan Covid-19 juga dapat dilakukan dengan metode 3T. Yaitu, testing-tracing-treatment yang didukung dengan mengubah pola perilaku di masyarakat.

"3T itu untuk surveillance dan treatment, agar tidak tertular atau terinfeksi ya tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Ahli Biologi Molekuler Ahmad Rusdan Handoyo menegaskan Indonesia bisa bebas dari pandemi Covid-19 tanpa harus menunggu datangnya vaksin.

Menurutnya, Indonesia tak perlu menunggu keberadaan vaksin Covid-19. Hal ini disebabkan penemuan vaksin dan obat membutuhkan waktu lama.(Fer)

BERITA TERKAIT