test

News

Rabu, 20 Oktober 2021 09:07 WIB

Erick Thohir Ancam Ganti Direksi BUMN yang Tak Ikut Transformasi

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir. (Foto: PMJ News/Instagram @erickthohir).

PMJ NEWS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mendorong seluruh direksi di perusahaan BUMN ikut transformasi. Apabila ada yang tidak ikut, Erick mengancam akan menggantinya.

"Dan mohon maaf yang tidak ikut transformasi pastinya akan saya bongkar. Akan saya ganti," tegas Erick di sela acara Grand Launching Produk Pangan dan Non Pangan BUMN, Selasa (19/10/2021).

Erick bahkan menegaskan bahwa pernyataannya tidak main-main, karena sudah terjadi di beberapa BUMN yang mengalami perubahan direksinya. Dia menyebut pergantian ini mengacu pada kinerja dan hasil.

"Jadi tidak kaleng-kaleng ngomong ya. Saya pastikan Anda diganti. Tetapi bukan karena suka dan tidak suka," ujarnya.

Menurut Erick, 20 BUMN yang diundang bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu 30-40 persen direksinya masih wajah lama di era Menteri BUMN sebelumnya. Ini menunjukan pergantian ini bukan karena persoalan suka dan tidak suka.

"30 sampai 40 persen leadership yang dipilih oleh menteri sebelumnya tidak saya ubah, karena kita merging sesuatu itu bukan karena suka tidak suka, tetapi apa hasilnya? yang saya lihat hasilnya. Tidak mungkin kita bicara transformasi BUMN hanya sekedar banner tetapi hasilnya," tuturnya.

Dengan transformasi terjadi, maka hasilnya bisa terlihat di mana kontribusi BUMN pada 2020 kepada negara tembus mencapai Rp377 triliun. Belum lagi penjualan yang meningkat pada saat itu mencapai Rp96 triliun.

"Kita punya net income tahun kemarin semester pertama itu Rp6 triliun. Kumulatif satu tahun Rp13 triliun. Tahun ini semester pertama sudah Rl26 triliun. Karena apa? Karena transformasi efisiensi dan kita pastikan kita ikutin satu- persatu," tukasnya.

BERITA TERKAIT