Kesehatan

Kamis, 3 September 2020 17:25 WIB

Pemerintah Utamakan 1,5 Juta Tenaga Medis Divaksinasi Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ – Setelah bertemu dengan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di Jakarta, Kamis (3/9/2020), Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan terdapat 1,5 juta tenaga medis yang divaksinasi vaksin Covid-19 terlebih dahulu.

"1,5 juta ini harus dipastikan dapat vaksin duluan, karena mereka yang terdepan melakukan imunisasi atau vaksinasi massal," ujarnya.

Menurut Erick, dalam pertemuan itu, pihaknya juga mendapat masukan soal kriteria dokter dan perawat yang mendapat vaksin terlebih dahulu.

Berdasarkan, data dari IDI dan PPNI penting untuk memastikan tim medis yang bertugas di garis depan untuk menjadi prioritas divaksinasi.

Erick melanjutkan, tenaga medis bakal menjadi kekuatan Indonesia untuk melakukan imunisasi maupun vaksinasi massal.

Masih dari penuturan Erick, walaupun vaksinasi Covid-19 ada dua skema, yaitu bantuan pemerintah dan mandiri, bukan berarti yang skema mandiri akan didahulukan.

"Bukan berarti yang bayar didahulukan dari yang gratis, bukan itu. Nanti ada sinkronisasi jadwal data, jadi bukan juga diputarbalikan seakan-akan pemerintah cari uang, tapi pemerintah punya gratis," jelasnya.(Fer)

BERITA TERKAIT