test

Kesehatan

Senin, 24 Agustus 2020 13:10 WIB

PB IDI: Pandemi Covid-19 Sebabkan 89 Dokter di Indonesia Gugur

Editor: Ferro Maulana

Wakil Ketum PB IDI Dr Adib Khumaidi. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr Adib Khumaidi menjelaskan hingga sekarang pandemi Covid-19 sudah menyebabkan 89 dokter di Tanah Air gugur.

Lebih jauh, dokter Adib menegaskan, hal ini harus menjadi perhatian penting bagi pemerintah dalam menjamin keselamatan tenaga medis serta masyarakat untuk patuh dengan protokol kesehatan walaupun kegiatan ekonomi sudah dibuka.

"Menjadi perhatian juga saat ini tenaga medis dokter yang meninggal dan terkonfirmasi positif itu ada sekitar 89. Hal ini kalau dibandingkan dengan negara lain dengan persentase sekitar empat persen di kematian dokter dan juga di semua tenaga kesehatan yang saat ini bekerja," tutur Adib dalam webinar ‘SDM Tangguh Indonesia Tangguh’ di RSPI Sulianti Saroso Jakarta, Senin (24/8/2020).

Pihaknya pun merinci, delapan orang di antaranya dokter gigi. Di samping itu, ada juga sedikitnya 50 perawat yang meninggal selama penanganan pandemi covid-19.

"Ada perawat yang lebih dari 50 orang yang meninggal, dokter gigi ada delapan yang meninggal," katanya.

Adib berharap pemerintah bisa terus meningkatkan fasilitas kesehatan dengan standar penanganan covid-19 dan masyarakatnya juga terus saling membantu dengan menaati protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Untuk diketahui, data pandemi covid-19 di Indonesia per Minggu (23/8/2020) kemarin, tercatat 153.535 orang positif dengan 39.355 antara lain, dirawat di rumah sakit, 107.500 sembuh, dan 6.680 meninggal dunia.(Fer)

BERITA TERKAIT