logo-pmjnews.com

test

News

Senin, 31 Mei 2021 16:20 WIB

Indonesia Kembali Kirim Ribuan Tabung Oksigen ke India

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto saat menyerahkan bantuan ribuan tabung oksigen ke India. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto_official)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto saat menyerahkan bantuan ribuan tabung oksigen ke India. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto_official)

PMJ NEWS - Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan ke India berupa 2.000 tabung oksigen untuk membantu penanganan Covid-19 pada Jumat (28/5/2021) lalu. Bantuan tersebut merupakan kali kedua, setelah sebelumnya pada awal Mei Indonesia mengirimkan 1.400 tabung oksigen.

“Bantuan ini merupakan kali kedua usai pengiriman 10 Mei lalu. InsyaAllah bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita di India,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin (31/5/2021).

Bantuan tabung oksigen tersebut diserahkan langsung oleh Airlangga kepada Pemerintah India yang diwakilkan oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti di Jakarta.

Airlangga menyebut, bantuan tersebut merupakan wujud Indonesia dalam menjaga persahabatan antar kedua negara. Lantaran, baik Indonesia dan India merupakan mitra strategis dan kawan di kala senang dan juga susah.

“Ini semua sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden, yakni untuk menangani Covid-19 dan memulihkan ekonomi, maka kita semua harus bergerak dalam satu orkestrasi yang sama serta tujuan yang sama juga,” sambungnya.

“Semoga dengan pemberian bantuan ini dapat menjadi spirit internasional, agar kedepannya kita dapat menjadi bangsa yang terus menerus mendorong multilateralisme,” lanjut Airlangga.

Di sisi lain, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan, pemberian tabung gas oksigen ke India merupakan bentuk partisipasi Indonesia di sektor industri. Ia juga mengapresiasi asosiasi serta pelaku industri yang terlibat dalam program bantuan kemanusiaan untuk India tersebut.

“Dengan dikirimkannya bantuan tersebut, jelas menunjukkan bahwa Indonesia terus berkomitmen dalam membantu India untuk menanggulangi pandemic Covid-19,” tukas Agus.

BERITA TERKAIT