test

News

Jumat, 22 Januari 2021 15:50 WIB

Donor Plasma Konvalesen Buka Rahasia Menko Airlangga Terpapar Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto).

PMJ NEWS - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akhirnya mengakui pernah terpapar virus Corona. Hal ini baru diakuinya setelah dirinya mendonorkan plasma konvalesen.

"Ya, tentu donor plasma konvalesen itu kan hanya bisa diberikan oleh mereka yang pernah terjangkit Covid," ujar Airlangga dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/1/2021).

Kendati begitu, Airlangga tetap tidak menjelaskan secara rinci pertimbangannya menutupi status tersebut. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) justru hanya menjelaskan soal donor plasma konvalesen.

Menurut Airlangga, keterlibatannya mendonorkan plasma konvalesen sebagai bentuk rasa syukurnya telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Ia pun mengaku ingin membantu pasien yang masih dalam perawatan.

"Ini adalah ungkapan rasa syukur saya, karena termasuk orang-orang yang mampu bertahan dari serangan Covid-19. Dengan mendonorkan plasma konvalesen, saya berharap bisa menolong pasien Covid-19 lainnya untuk segera sembuh," tuturnya.

Juru Bicara Kemenko Perekonomian, Alia Karenina membenarkan Airlangga Hartarto memang sempat terdeteksi positif Covid-19 pada 2020 lalu. Menurutnya, Airlangga terpapar pada 2020 lalu.

"Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terdeteksi positif Covid-19 di tahun 2020 lalu," kata dia kepada wartawan, Selasa kemarin.

BERITA TERKAIT