test

News

Rabu, 10 Februari 2021 12:05 WIB

Airlangga: Tujuan PPKM Mikro Tekan Angka Covid-19 dan Pulihkan Ekonomi

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto).

PMJ NEWS - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut tujuan utama PPKM Mikro adalah untuk menekan kasus positif dan melandaikan kurva sebagai prasyarat utama keberhasilan dalam penanganan Covid-19.

"Selain itu tentu sekaligus sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional," ujar Airlangga dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

"Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu disiapkan skenario pengendalian dengan titik tekan pada level terkecil yaitu di RT/ RW yang ada di Desa/Kelurahan," sambungnya.

Ia menambahkan, agar skenario lebih terkontrol baik perlu adanya Posko di setiap desa/kelurahan. Posko itu nantinya akan melakukan 4 fungsi seperti pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung operasional penanganan Covid-19 di desa/kelurahan.

Adapun skenario pengendalian dilakukan dengan memaksimalkan 3T (Testing, Tracing, Treatment), isolasi pasien positif dan kontak erat, pembatasan mobilitas dan pergerakan serta penyediaan kebutuhan pokok (bantuan beras dan masker).

Penerapan PPKM Mikro juga dilaksanakan oleh Pos Jaga Desa/Kelurahan yang berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi, serta koordinasi dengan TNI dan Polri.

Pemerintah akan melakukan evaluasi dan monitoring serta melakukan pengawasan yang akan dikoordinasikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat Pusat, serta melibatkan semua Kementerian/Lembaga yang terkait.

BERITA TERKAIT