test

News

Jumat, 7 Mei 2021 16:50 WIB

85 WNA China Tiba di Indonesia, Kemenkes: Dua Orang Positif Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS -  Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan dua orang dari 85 warga negara China (Tiongkok) yang datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (4/5/2021) lalu dinyatakan positif Covid-19.

Siti Nadia melanjutkan, seluruh pendatang yang masuk sudah sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 tentang Perjalanan Internasional.

Kedatangan puluhan WNA China tersebut sempat viral karena dinilai bertentangan dengan aturan pemerintah yang melarang warga negara sendiri untuk mudik.

“Pada prinispnya kita sudah menutup masuknya WNA ke Indonesia, kecuali WNA yang diizinkan masuk, yang sesuai dengan peraturan Menkumham Nomor 26 tahun 2020. Dan, ini tertuang juga dalam SE Satgas Covid-19 nomor 8 tahun 2021,” ujar Siti Nadia, Jumat (7/5/2021).

Sementara itu, Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih membenarkan dua orang dari 85 WNA China, positif Covid-19.

"Data kedatangan dari China menggunakan beberapa penerbangan dengan waktu kedatangan yang berbeda. Dari keseluruhan yang sudah dilakukan swab pertama, terdapat dua orang positif tanpa gejala," ungkap Benget.

Kedua warga negara China itu sekarang tengah menjalani isolasi di salah satu hotel DKI Jakarta. Sampel keduanya juga langsung diambil untuk kemudian mengetahui apakah membawa varian baru Covid-19 Inggris, Afrika Selatan, atau India mutan ganda.

"Sudah diisolasi di hotel Hariston Bandengan di bawah pengawasan tim kesehatan dari Satgas Kemenkes," sambungnya.

"Semua yang positif Covid-19 dengan CT Value di bawah 20 pasti dilakukan whole genome sequencing," tandasnya.

Adapun kedua warga negara tersebut yaitu pria. Salah satu pasien terdeteksi positif Covid-19 pada swab pertama berusia 66 tahun. Sementara itu, pasien Covid-19 lainnya terdeteksi Covid-19 di swab kedua berusia 31 tahun.

Diberitakan sebelumnya, 85 warga negara China yang tiba di Tanah Air pada Selasa, (4/5/2021) siang, pukul 14.55 WIB  Bandara Soekarno-Hatta. Mereka berangkat ke Indonesia dengan pesawat China Southern Airlines (Charter Flight).

 

BERITA TERKAIT