logo-pmjnews.com

test

News

Kamis, 21 Januari 2021 17:35 WIB

Tangani Covid-19, Pemerintah Alokasikan Dana Rp61,8 Triliun

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Keuangan sri mulyani Indrawati. (Foto:PMJ News/IG @smindrawati1)
Menteri Keuangan sri mulyani Indrawati. (Foto:PMJ News/IG @smindrawati1)

PMJ NEWS - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp61,8 triliun untuk penanganan Covid-19 pada 2021. Namun, ia tidak menutup kemungkinan anggaran bisa berubah sesuai dengan kebutuhan.

"Penanganan Covid-19 tahun 2021 memakan anggaran Rp61,8 triliun dan ini pun masih akan bisa berubah dengan adanya ketidakpastian terhadap peningkatan jumlah kasus," ujar Sri Mulyani, Jakarta, Kamis (21/1).

Menurut Sri Mulyani, anggaran tersebut juga mencakup pengamanan vaksin virus Corona. "Anggaran ini juga untuk keinginan pemerintah untuk mengamankan supply vaksin Covid-19, dimana program vaksinasi sudah dimulai," jelas Sri Mulyani.

Dengan anggaran yang disediakan ini, Menkeu berharap program vaksinasi bisa berjalan dengan lancar. Sehingga daerah-daerah dengan pasien terinfeksi positif paling besar dapat ditekan angka penyebarannya.

"Kita berharap seluruh daerah di Indonesia terutama daerah-daerah yang mengalami Covid-19 paling tinggi akan segera mengkombinasikan vaksinasi dan disiplin kesehatan," tuturnya.

Selain itu, menurut dia, dengan adanya program vaksinasi ini ekonomi pun dapat pulih secara perlahan. Masyarakat pun dapat kembali melakukan aktivitas dan mobilitas yang berdampak pada roda perekonomian.

"Maka kalau itu dilakukan kita boleh berharap bahwa perekonomian bisa pulih kembali, karena masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas, mobilitas dan itu berarti kegiatan konsumsi, investasi, ekspor akan meningkat," tukasnya.

BERITA TERKAIT