test

News

Rabu, 16 Desember 2020 13:40 WIB

Menlu Tegaskan Indonesia Tak Akan Buka Hubungan dengan Israel

Editor: Etty Kadriwaty

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Kemlu).

PMJ NEWS - Indonesia tidak berniat membuat hubungan diplomatik dengan Israel. Hal ini ditegaskan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sesuai arahan langsung dari Presiden Jokowi.  

"Sebagai tindak lanjut arahan bapak presiden kepada menteri luar negeri, saya ingin menyampaikan dua hal. Hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," kata Retno dalam press briefing virtual Kementerian Luar Negeri, Rabu (16/12/2020).

Retno kembali menegaskan Indonesia akan tetap berpegang pada solusi dua negeri dan parameter internasional lain yang telah disepakati. Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan parameter internasional lain yang disepakati, secara konsisten akan tetap dilakukan," ujarnya.

Penegasan Retno sekaligus menanggapi sejumlah pemberitaan baru-baru ini yang menyebutkan bahwa Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pada akhir pekan lalu, pemerintah Israel dilaporkan tengah berupaya untuk menormalisasi hubungan dengan Indonesia dan Oman, setelah sebelumnya berhasil membuka hubungan dengan beberapa negara Timur Tengah dan Afrika. 

BERITA TERKAIT