test

Kesehatan

Senin, 4 Mei 2020 13:05 WIB

Kemristek Uji Klinis Tumbuhan Ini dan Teliti Pil Untuk Covid-19

Editor: Fitriawan Ginting

Jumlah kasus positif Covid-19 meningkat signifikan. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF).

PMJ- Khasiat jahe merah, jambu biji, dan minyak kelapa murni dikabarkan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari paparan virus Corona (Covid-19). Untuk membuktikannya Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan uji klinis dari tumbuhan tersebut.

Disampaikan Menristek Bambang P. S. Brodjonegoro, uji klinis tersebut akan dilakukan di RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kami sudah melakukan baik sistematic review, kemudian studi bioinformatika. Saat ini sedang melakukan uji klinis, khususnya di RS Wisma Atlet, terutama untuk bahan-bahan, seperti jahe merah, jambu biji dan kemudian juga virgin coconut oil," jelas Bambang di Jakarta, Minggu (3/5/2020) sore.

Dari keterangan resnminya, Kemenristek berharap dapat mendayagunakan suplemen yang sudah ada mengandung bahan-bahan di atas, sehingga cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Paling tidak meningkatkan daya tahan terhadap Covid-19 ataupun menghasilkan suplemen baru yang diharapkan bisa menumbuhkan daya tahan tubuh terhadap COVID-19," tutur Bambang.

Kementerian di bawah Bambang juga sedang melakukan uji klinis terhadap berbagai macam obat yang direkomendasikan dari luar negeri untuk mengatasi wabah Corona ini. Seperti avigan, chloroquine, dan tamiflu. Selain itu, ada juga obat pil kina yang sedang dikembangkan di Indonesia.

"Pil kina sedang kita uji sebagai salah satu alternatif obat yang barangkali bisa meringankan beban penderita Covid-19,” tandas Bambang.

BERITA TERKAIT